Minggu, 25 November 2018

Menjadikan Pontianak Lestari Dengan Kampung Berseri Astra


Banyak orang yang merantau dari desa ke kota karena tuntutan pekerjaan. Banyak orang berasumsi bahwa bekerja di desa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan saat ini. Selain itu di kota besar juga menyediakan beragam lapangan pekerjaan dengan gaji yang lebih besar dari kampung halaman. Tetapi tak banyak yang berpikir bahwa gaya hidup modern dan rutinitas hidup di perkotaan sering menimbulkan kejemuan. Itulah sebabnya, sesekali suasana pedesaan atau perkampungan sangat di rindukan oleh orang-orang di kota. 

Sebagai kota yang sedang berkembang, Pontianak merupakan kota yang layak huni dan cukup memberikan kenyamanan bagi masyarakatnya untuk tinggal dan menetap. Terlebih lagi sekarang banyak program-program dari perusahaan swasta yang bekerja sama dengan pemerintah untuk membangun, membina dan memajukan masyarakatnya dengan melestarikan suasana kampung di tengah perkotaan. Salah satu tujuan dari programnya yaitu menggerakkan masyarakat untuk mewujudkan pontianak lestari dengan kampung berseri astra.

Kampung Berseri Astra adalah program Coporate Social Responsibility (CSR) Astra dalam membina dan menggerakkan masyarakat untuk lingkungannya yang berorientasi pada 4 pilar yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan kesehatan. Dari 4 pilar CSR yang di canangkan pada Kampung Berseri Astra ini di harapkan masyarakat dapat membangun dan menjadikan perkampungan yang sehat, bersih, cerdas dan produktif serta menaikkan kualitas hidup masyarakatnya. 

Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) merupakan langkah nyata dari Group Astra untuk berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta, dan karya demi menaikkan kualitas masyarakat dan menjadikan nilai tambah untuk memajukan Indonesia.  

4 pilar Coporate Social Responsibility (CSR) Astra 
Bidang Pendidikan
Perguruan Pencak Silat
 "WEKASAN SUPRIH NGUDI TUNGGAL"
Perguruan Pencak Silat Wekasan Suprih Ngudi Tunggal melestarikan budaya untuk menunjang persatuan dan kesatuan bangsa. Wekasih Suprih Ngudi merupakan perguruan ilmu bela diri Pancak Silat yang dikembangkan oleh Mbah Kasan sejak tahun 1918 dimulai dari daerah Ambawanng dan Tebang Kacang, Kalimantan Barat. Jika ada pertandingan, atlet Wekasan Suprih Ngudi Tunggal selalu meraih medali. Ini semua berkat kerja keras para pelatih Wekasan yang selama ini selalu mengembangkan pancak silat.

Bidang Kewirausahaan
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
"INDAH"
Dari sektor kewirausahaan, program CSR Astra ini memberikan kontribusi berupa modal dan alat produksi. Selain itu mereka juga di fasilitasi seperti di bimbing dalam melakukan produksi. Salah satu warga yang menjalankan program ini adalah Pak Mawardi bersama Istri (Ponirah). Pasangan suami istri ini mengelola usaha Oleh-oleh Kalbar Opak Singkong. UKM ini sudah mulai dijalankan selama 1 tahun dan dijual dengan harga terjangkau.

Bidang Lingkungan
Mural dan Info Arah Jalan
Dari segi lingkungan, selain bersih dan rapi, di Kampung Berseri Astra terdapat beberapa mural yang menghiasi tembok kosong di sisi jalan. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri saat mengunjungi Kampung Berseri Astra. Selain itu juga terdapat Informasi arah jalan dan nama di setiap gang. Tidak lupa pula terdapat plang gerakan "Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas" yang merupakan wujud kepedulian PT. Astra International Tbk untuk mengajak masyarakat membudayakan keselamatan dalam berlalu lintas.

Bidang Kesehatan
Posyandu "Peduli Bangsa"
Pada bidang kesehatan, secara rutin ibu-ibu yang memiliki bayi berkesempatan untuk memeriksakan perkembangan bayi dan pemberian viitamin di Posyandu Peduli Bangsa. Ada 10 Indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang menjadi target Posyandu Peduli Bangsa, yaitu :
1. Pertolongan Persalinan dan Tenaga Kesehatan
2. Balita diberi ASI
3. Menimbang Balita setiap bulan
4. Tersedia Air Bersih
5. Mencuci tangan dengan air bersih dan memakain sabun
6. Tersedia Jamban
7. Memberantas Jentik Dirumah
8. Makan dengan Gizi Seimbang
9. Lakukan aktivitas fisik setiap hari
10. Tidak Merokok

Dengan Inspirasi 61 tahun Astra yang selalu turut berkontibusi sosial untuk membangun Indonesia, Grup Astra berharap masyarakat agar tetap menjaga kelestarian serta keberagaman suku dan masyarakat. Semoga dengan adanya Kampung Berseri Astra ini, kita bisa menjadikan acuan agar kampung lainnya juga bisa berseri seperti Kampung Berseri Astra.

Salam Inspirasi, Satu Indonesia


Bagikan

Jangan lewatkan

Menjadikan Pontianak Lestari Dengan Kampung Berseri Astra
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.