Kamis, 21 Juni 2018

#Jadibaik di Bulan Baik Ramadhan #PakeTCASH


Kadang-kadang aku berharap bisa kembali ke masa dimana tidak ada rasa khawatir akan hari esok. Masa dimana hal sulit yang dihadapi adalah mengumpulkan tanda tangan imam taraweh. Masa dimana harus kebut-kebutan menyalin perkataan yang penceramah sampaikan saat kultum. Semua kegiatan sholat, mengaji, dan mendengarkan kultum harus sangat detail di tulis di buku sakti itu. Saat itu rasanya ingin cepat dewasa, agar terlihat seperti mereka yang tarawehnya tinggal duduk tenang mendengarkan dan tak terlihat membawa buku sakti yaitu buku agenda ramadhan yang harus di isi setiap hari. Namun baru aku sadari, bahwa keseruan ramadhan sangat terasa kental karna hal itu. Dan semakin dewasa ternyata atmosfir ramadhan rasanya semakin berkurang. Apalagi aku yang menjalankan puasa jauh dari keluarga. Seandainya punya "time stone" Doctor Strange yang di ambil Tanos kemaren, aku pengen banget mutar waktu kemasa-masa SD dulu. Dimana hidup terasa tentram, aman damai sentosa ngga pusing mikirin menu sahur dan berbuka.


Bulan ramadhan tiba dengan segala keberkahan dan keagungannya. Bulan dimana setiap amalan manusia dilipatgandakan dan karunia ditebarkan disetiap detiknya. Kesempatan untuk #Jadibaik di bulan baik ini sangat terbuka lebar bagi semua manusia. Tak heran setiap muslim merindukan kedatangannya. Bulan puasa juga menjadi ajang mempererat tali keharmonisan antar kelurga. Bagaimana tidak? di hari-hari biasa setiap anggota keluarga mempunyai jam kerja, jam istirahat dan jam makan masing-masing. Tapi selama ramadhan satu keluarga bisa duduk semeja setiap harinya. Momen dimana setiap orang dapat mendekatkan diri dengan keluarga dan saling bertukar cerita. Belum lagi keseruan membicarakan menu sahur bagi semua anggota keluarga. Maklum saja, selera makan di waktu subuh sangat-sangat berbeda dengan selera makan di waktu berbuka. Maka waktu sahur menjadi ajang untuk mamakku menunjukkan keprofesionalitasannya mengolah dan meracik menu sahur agar sekeluarga berselera dan makan dengan lahap.

Tentu saja, bagi anak rantau menjalankan ibadah puasa jauh dari orang tua dan keluarga menjadi hal yang sangat berat. Sebab, aku harus melewati momen yang semua-muanya harus dilakukan sendiri. Puasa sendiri, berbuka sendiri dan sahur juga sendiri. Meskipun banyak acara buka puasa bersama, tapi rasa bahagia berkumpul dengan keluarga sangatlah berbeda. Bagiku, momen puasa adalah momen spesial untuk mempererat rasa kebersamaan dan kehangatan dalam keluarga. Maka tak ada cara lain yang dapat menuntaskan rasa rindu itu kecuali dengan cara berkomunikasi via telepon atau whats app. 



Tidak dapat dihindari bahwa teknologi zaman kini sangat membatu mempereratkan tali silaturahmi dan memudahkan komunikasi. Alhamdulillah meskipun jauh, ayah dan mamak sering menelpon ku waktu sahur ataupun berbuka. Begitu juga sebaliknya, aku juga sering menelpon menanyakan menu sahur dan berbuka yang disiapkan mamak untuk keluarga di rumah. Tapi ya begitu, karna setiap hari kita selalu berkomunikasi via telepon jadi pulsa cepet banget habisnya. Apalagi kalo habis pulsanya di waktu subuh. Tapi sebetulnya aku merasa beruntung karna itu adalah kesempatanku #Jadibaik, dengan #PakeTCASH aku bisa kirim pulsa dengan cepat dan aman tanpa biaya admin. Sehingga ayah dan mamak tak perlu khawatir kehabisan pulsa saat menelponku setelah sahur. #PakeTCASH membuatku #JadiBaik karna hanya bermodal jari, aku dapat melakukan segala transaksi. Mulai dari kirim uang, isi pulsa dan paket data telkomsel, beli token listrik, TV kabel, tagihan air, asuransi, tertentu juga bisa #PakeTCASH. Harga yang ditampilkanpun harga final tanpa pajak ataupun biaya tambahan. Aku tak perlu was-was lagi tagihan membengkak. Dengan #PakeTCASH aku bisa hemat waktu dan hemat biaya. Selain itu, metode pengisian ulang saldo  TCASH sangat mudah. Bisa melalui transfer via ATM, mobile banking atau internet banking, bahkan bisa di minimarket terdekat misalnya Indomaret dan Alfamart. Masih kurang? Ada lagi nih, dengan #PakeTCASH aku bisa #Jadibaik dengan mengajak temen-temen untuk buka puasa bersama dan bayar #PakeTCASH. Yaa sebagai pengganti momen berbuka bersama keluarga di rumahlah supaya ngga sepi-sepi amat. Lagipula, bayar #PakeTCASH di berbagai merchant TCASH selalu ada promo dan cashback nya. Jangan bimbang dengan layanan non-tunai dari Telkomsel Cash ini. Sebab, segala transaksi yang di sediakan oleh TCash telah memiliki izin dari Bank Indonesia sebagai layanan non-tunai yang sah. TCASH dapat digunakan oleh semua pelanggan Telkomsel, baik pascabayar ataupun prabayar.


Ada lagi kemudahan untuk #Jadibaik yang dapat kamu lakukan hanya dengan #PakeTCASH. Berdonasi melalui TCASH sangat mudah, khususnya dengan kehadiran layanan Scan QR Code yang telah mendapat izin resmi BI. Kita hanya perlu memindai QR Code yang tertera pada kotak infaq di masjid-masjid tertentu dan menentukan besaran donasi. Selain itu, kita juga memiliki pilihan menggunakan kode akses *800*01# untuk memilih program donasi yang diinginkan, dimulai dari zakat, infaq, qurban, beasiswa, siaga bencana, hingga program insidental kemanusiaan. Kemudahan lain nya dapat dilakukan hingga berbagi Tunjangan Hari Raya (THR). Untuk berbagi THR dengan kerabat, bisa menggunakan fitur pengiriman uang peer-to-peer yang ada di aplikasi TCash Wallet. Caranya cukup dengan memasukkan nomor ponsel pengguna TCash dan uang akan dikirimkan tanpa biaya tambahan. Penyaluran donasi dan THR ini tak perlu kamu ragukan lagi, TCASH sudah bekerja sama dengan beberapa lembaga pengelola zakat, infaq, dan sedekah terbesar di Indonesia. Lembaga ini menyalurkan donasi keberbagai daerah di seluruh Indonesia. Dengan #PakeTCASH aku, kamu dan kita semua bisa #Jadibaik, berbagi hingga kepelosok negeri. Hadirnya TCash sebagai digital payment sangat membantu. #Jadibaik di bulan ramadhan terasa lebih mudah bukan?


Mulai dari tahun 2016 aku #PakeTCASH untuk nonton Bioskop XXI dan hingga tahun ini dapat berdonasi, sangat terasa betapa kehadiran TCASH begitu memudakan segala aktivitas yang sedang aku jalani hingga detik ini. Bertransaksi praktis, aman, mudah, murah dan menyenangkan hanya dengan #PakeTCASH. Moment bulan ramadhan ku kali ini tidak begitu sepi dan menyedihkan. Aku selalu ingat dan memaknainya bahwa segala yang aku jalani saat ini tidak lebih dari rencana tuhan. Meskipun fisik jauh, paling tidak selalu ada cara untuk mendekatkan hati dengan keluarga, mendekatkan diri dengan teman seperantauan dan mendekatkan diri dengan tuhan memalui berbagi dengan sesama. Makna ramadhan yang mengajarkan ku untuk terus #Jadibaik. Tak harus tentang seberapa besar yang diberikan tapi seberapa banyak nilai pembelajaran yang aku dapat. Sebab, seperjalanan waktu dan jauh dari keluarga di ramadhan kali ini mengajarkanku untuk berjuang dalam hidup, belajar bijaksana dalam mengambil keputusan, menjadi mandiri, berbuat baik bagi diri sendiri sehingga dapat berbagi kebaikan untuk orang banyak. Semoga setiap momen yang dilewati dapat dijadikan pelajaran dan dapat membentuku terus #Jadibaik. Kalau gitu ngga jadi mutar waktu deh, apalagi ngambil time stone dari Tanos.  Ngambil ngga permisi dulu dosa tau! wkwk.

Bagikan

Jangan lewatkan

#Jadibaik di Bulan Baik Ramadhan #PakeTCASH
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.