Minggu, 15 Oktober 2017

Hari Mata Sedunia 2017, Kemenkes RI Ingatkan Alasan Pentingnya Menjaga Mata


Memperingati Hari Penglihatan Sedunia, Kamis 13 Oktober 2017 Ibu Kementerian Kesehatan RI Prof. Dr. Nila Juwita F. Moeloek, Sp. M atas nama pemerintah Indonesia mengucapkan selamat memperingati hari mata sedunia kepada para penggiat media massa khususnya para blogger di kota pontianak. Melalui acara temu blogger kesehatan 2017 dengan tema “Mata Sehat Investasi Bangsa” yang diadakan oleh kementrian kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak, ibu kementerian kesehatan RI mengatakan untuk mewujudkan Indonesia sehat di perlukan pola perilaku hidup sehat serta kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan. Selain itu sanitasi dan ketersediaan sumber air bersih di beberapa tempat juga menjadi permasalahan kesehatan yang sering timbul di Indonesia.

Salah satu dukungan nyata kementrian dalam menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menyuarakan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS). GERMAS adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup di mulai dari kelurga. Germas bertujuan untuk menurunkan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk, dan menurunkan pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit.

Pemerintah mengharapkan Germas dapat dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan mempraktekkan pola hidup sehat dalam kesehariannya yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar. Kemudian dapat mempraktekkan gerakan ini di tempat bekerja, tempat kita belajar ataupun organisasi masyarakat.

Acara temu blogger kesehatan 2017 itu juga di hadiri oleh drg. Oscar Primadi MPH (Kepala Biro Komunikasi Pelayanan Masyarakat Kementrian Kesehatan). Acara yang sejatinya menjadi salah satu agenda dalam rangka memperingati hari penglihatan sedunia 2017 ini, drg Oscar Primadi mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan agar selalu menjadi manusia yang produktif. Dr Oscar Primadi juga menyampaikan beberapa bentuk kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat di antaranya adalah melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur, buah dan ikan, memeriksakan kesehatan secara rutin, dan membersihkan lingkungan.


Selanjutnya materi disampaikan oleh bapak Hary Agung Tjahyadi, M.Kes selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat. Beliau memaparkan Kebijakan dan upaya yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi kalimantan barat dalam menjaga kesehatan masyarakat adalah dengan meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup yang sehat. Di harapkan dengan demikian dapat mendorong serta mewujudkan masyarakat yang mandiri, maju dan sejahtera.

Tak kalah seru materi yang di sampaikan oleh dr. Aldiana Halim, SpM(K) (Wakil Ketua Komisi Mata Nasional). Beliau memaparkan bahwa sebagai indra penglihatan, mata sangat berkontribusi besar untuk menjadikan manusia sebagai makhluk yang produktif. Namun sangat di sayangkan, sebagian orang awam tidak mengetahui cara mendeteksi masalah penglihatan tersebut. Sehingga banyak orang yang baru sadar ketika penglihatannya sudah benar-benar rusak. “Bila mata sudah rusak parah maka akan sulit untuk mengembalikan kondisinya seperti semula”, ucap beliau. Aldiana Halim membagikan cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk mendeteksi gangguan penglihatan pada seseorang. Orang awam ternyata bisa mendeteksi kebutaan pada mata. “Berdiri dijarak tiga meter, lalu meminta orang untuk menghitung jari.”


Pada pemaparannya, dr. Aldiana Halim juga menyampaikan dalam upaya untuk mencapai indonesia sehat perlu integrasi antara para pelaku kemanusiaan di indonesia, baik dari pemerintah, lembaga usaha, masyarakat, pemuka agama, serta lembaga-lembaga non kepemerintahan. Melalui hari penglihatan sedunia beliau juga menghimbau untuk bersama-sama membangun kesadaran publik terhadap pentingnya menjaga kesehatan mata. Memberi motivasi dan semangat untuk berbuat lebih banyak atas nama kemanusiaan.

Acara ini berlangsung sangat baik dan memberikan banyak inspirasi. Mengingatkan kembali alasan esensial agar kita selalu menjaga kesehatan mata. Besar harapan kita semua kegiatan ini tidak hanya sebagai seremonial semata tetapi juga diiringi dengan bukti nyata berupa tindakan dan kesadaran seluruh elemen masyarakat. Jaga mata agar sebagai manusia kita tetap bisa lebih produktif dan mandiri karna mata sehat investasi bangsa. 


Bagikan

Jangan lewatkan

Hari Mata Sedunia 2017, Kemenkes RI Ingatkan Alasan Pentingnya Menjaga Mata
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

5 komentar

Tulis komentar
avatar
15 Oktober 2017 23.47

Selain informasinya berguna bisa jadi ajang silaturahmi juga. Masalah kesehatan kompleks di Indonesia dan kita menjadi agen perubahan

Reply
avatar
17 Oktober 2017 19.03

100% exactly. Masalah kesehatan sangat komplek, apalagi dengan wilayah dan penduduk Indonesia sangat meng "wow" kan. Tidak mungkin terlaksana jika tidak di mulai dari kita sendiri. Let's to be agent of the change.

Reply