Selasa, 26 September 2017

Cita Rasa Masakan Tionghoa di Kota Singkawang, Kalimantan Barat

Tak kenal maka tak sayang, dan berwisata kuliner merupakan salah satu cara untuk mengenal Kota Singkawang. Singkawang yang dikenal dengan sebutan kota seribu kelenteng ini, memiliki warga yang 50 % nya adalah keturunan tionghoa. Budaya tionghoa menjadikan kota ini lekat dengan budaya makan mie. Jadi tak ada alasan jika tak mampir memakan mie saat berkunjung ke Kota Singkawang.

Vihara Tri Darma Bumi Raya
Source image : http://wikitravel.org

Sajian yang menjadi khas dan wajib untuk di coba ketika berkunjung ke Kota Singkawang adalah mie panjang umur. Dalam tradisi tionghoa, mie panjang umur wajib tersaji di meja makan pada saat peringatan imlek dan saat perayaan ulang tahun. Ada doa di setiap suapnya, tak hanya menjadi simbol panjang umur, tetapi sekaligus panjang silaturahmi. Untaian mie panjang umur harus tersaji utuh. Dari ujung awal hingga ujung akhir. Harapannya tentu saja agar berkah yang datang tidak terputus.
Proses produksi mie panjang umur
Source image : www.antarafoto.com

Namun sekarang jika anda berkunjung ke Kota Singkawang, mie panjang umur dapat di santap kapan saja. Di Kota Singkawang, banyak tempat makan yang menyajikan menu ini. Tak berbeda dengan mie lainnya, mie panjang umur juga di lengkapi dengan berbagai toping seperti telur, daging, ataupun udang. Biar lidah makin meriah, mie panjang umur dapat di sandingkan dengan capcay, pentol bakso atau ayam kukus.

Salah satu olahan mie panjang umur
Source image : Instagram of @iraarrws

Sekian postingan perdana saya kali ini. Semoga dapat menjadi referensi kuliner anda saat berwisata ke Kota Singkawang, Kalimantan Barat.😉😉😉

Bagikan

Jangan lewatkan

Cita Rasa Masakan Tionghoa di Kota Singkawang, Kalimantan Barat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 komentar

Tulis komentar
avatar
26 September 2017 08.12

Ulalaaaa syedaapp 😆😆

Reply
avatar
26 September 2017 08.13 Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar
26 September 2017 16.58

Yuhuuu.... Yuk sist makan mie panjang umur a.k.a mie asin. Grab it fast in your city... Tepian kapuas adee... 😆

Reply